English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » , » Kebijakan Ekspor

Kebijakan Ekspor

Written By Blogs owner SidikRizal on Rabu, 11 Desember 2013 | 11.57

Paket Kebijakan Baru Tingkatkan Ekspor & Tekan Impor
Jakarta, 10/12/2013 MoF (Fiscal) News
Pemerintah kembali mengeluarkan paket kebijakan baru yang terdiri dari penyesuaian Pengenaan PPh Pasal 22 Atas Impor Barang Tertentu menjadi 7,5 persen dan kemudahan perizinan dan pelayanan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

Strategi baru dari pemerintah ini merupakan paket lanjutan dari kebijakan yang pernah ditempuh pemerintah pada Agustus lalu. “Pada hari ini pemerintah akan mengeluarkan paket lanjutan dari paket Bulan Agustus, mencakup upaya mengenai penekanan defisit transaksi berjalan penurunan impor,” ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri di Jakarta, Senin (9/12).

Menkeu menegaskan bahwa kedua paket tersebut bertujuan untuk mengendalikan impor, di sisi lain juga akan meningkatkan ekspor Indonesia. “Penyesuaian tarif PPh Pasal 22 menjadi 7,5 persen akan menekan impor dan kemudahan KITE akan meningkatkan eskpor kita,” kata Menkeu.

Diharapkan penerbitan ketentuan ini akan berdampak pada pengendalian impor atas barang konsumsi tertentu, penurunan tekanan pada defisit neraca perdagangan, dan mendorong industri dalam negeri untuk meningkatkan produksi barang sebagai subtitusi impor barang.

Penambangan mineral batu hijau penghasil Zeolite untuk skala ekspor oleh PT PMM
Peralatan berat pertambangan mineral Zeolite di Sukabumi, Jawa Barat
Kebijakan tersebut juga diharapkan mampu mendorong ekspor dan mengurangi defisit neraca perdagangan, memperkuat daya saing perusahaan, dan meningkatkan investasi terutama pada sektor industri yang melakukan kegiatan ekspor.

Seperti diketahui bahwa sebelumnya, pada Agustus 2013, pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang terdiri dari empat paket utama untuk menjaga perekonomian nasional dari dampak perubahan kebijakan ekonomi global. (nic)

0 komentar:

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. webrizal.com - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger