HNW Janji Hidupkan Situ-situ Mati di Jakarta

banner

Hidayat Nur Wahid Kampanyekan Program Solusi Air Bersih

bekasi-online.com, Selasa 17 April 2012, 14:48 WIB, SR

SITU CIPONDOH, BksOL - Situ Cipondoh terbengkalai dan Pemerintah DKI Jakarta harus bertanggung jawab untuk revitalisasi area wisata di kawasan Tangerang tersebut.

Hidayat Nur Wahid bahkan menjanjikan akan mendesak pemerintah DKI Jakarta untuk segera menuntaskan proyek revitalisasi Situ Cipondoh.

"Dari 48 situ yang terdapat di Jakarta hanya 13 yang berfungsi, sisanya dibiarkan begitu saja, malah ada yang berubah fungsinya."

Untuk menangani permasalahan ketersediaan air bersih di Jakarta sebenarnya tidak sulit. Menurut bakal calon gubernur Hidayat Nur Wahid (HNW), hanya diperlukan solusi nyata dalam mengatasi hal tersebut.

Situ Cipondoh yang akan direbitalisasi sevagai salah satu sumber air bersih untuk wilayah DKI Jakarta.

Ditemui saat berkunjung ke kantor Berita Satu Media Holding, HNW, menerangkan bahwa Jakarta pada dasarnya bukan daerah sulit air bersih. "Curahan air hujan yang diterima Jakarta per tahun mencapai 2 miliar meter kubik. Akan tetapi 1,4 miliar meter kubik di antaranya terbuang begitu saja ke laut tanpa proses penampungan. Padahal menurut data secara keseluruhan warga Jakarta hanya menghabiskan 668 juta meter kubik air pertahunnya," ujar HNW, Selasa (17/3).


HNW menjanjikan, apabila terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 nanti, dirinya akan membangun saluran penampungan air di beberapa titik Ibu Kota. Serta akan membuat saluran di sungai.

"Hal ini juga bisa menjadi solusi bagi banjir Jakarta yang kerap terjadi," tambahnya.

Menurutnya, hal yang terpenting adalah bagaimana merubah sesuatu yang buruk menjadi solusi baik.

Selain mengatasi permasalahan ketersediaan air, HNW juga menegaskan perlu adanya pemanfaatan lahan.

"Dari 48 situ yang terdapat di Jakarta hanya 13 yang berfungsi, sisanya dibiarkan begitu saja, malah ada yang berubah fungsinya," tambahnya.

Penting untuk di Jakarta tetap menghidupkan situ-situ potensial sehingga memiliki manfaat bagi warganya.

"Meski dahulu sempat menjadi faktor problem, kita harus optimis bahwa sekarang harus mampu diubah menjadi tempat yang memiliki fungsi dan manfaat," tegasnya. [■]

Post a Comment

Silakan pos kan komentar Anda yang sopan dan harap tidak melakukan pelecehan apalagi yang berkaitan dengan SARA.
Terima kasih.
Wassalam
Redaktur bksOL

Previous Post Next Post
banner