English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » , , » Gempa Bumi dan Catatannya

Gempa Bumi dan Catatannya

Written By dobeldobel.com on Jumat, 02 Oktober 2009 | 20.24

Gempa Bumi 7.6 SR Sumatera Barat ditengah Glamour Rp 46 M Pelantikan DPR/DPD 

Sejak Indonesia merdeka hingga pertengahan tahun 2004,  tercatat hanya 2 kali gempa bumi besar dengan kekuatan > 5.5 SR melanda Indonesia yakni Gempa 7.6 SR di Flores (Desember 1992) dan Gempa 7.3 SR Bengkulu (Juni2000). Namun, ketika pemerintahan Indonesia ditampuk kekuasaan SBY,gempa bumi tidak berhenti-henti menguncang tanah Indonesia. Baru 67hari memimpin Indonesia, Pemerintah SBY disibukkan dengan penanganankorban Gempa Bumi 8.9 SR dan Tsunami terbesar sejak Indonesia berdiridengan merenggut hingga 110.000 jiwa. Dan sejak 26 Desember 2004 hinggahari ini, telah terjadi 10 kali gempa bumi dengan kekuatan berkisar 5.9SR hingga 8.9 SR.

Tingginya frekuensi gempa yang terjadi dalam kurun 5 tahun pemerintah SBY ini membuat orang-orang berpikir nyeleneh dan sebagian kecil dari mereka akhirnya percaya pada ramalan Ronggowarsitotentang 7 satrio piningit Indonesia. Padahal, di era pemerintahan BungKarno dan Pak Harto (+Habibie, Gus Dur dan Mega) hampir jarangterdengar gempa bumi, yang ada paling gunung api “batuk-batukan”. Lalu,kenapa dalam 5 tahun terakhir terlalu banyak gempa?
Sulit untuk menjawab “misteri alam”yang satu ini. Dalam kesempatan ini, saya tidak akan mencoba menjawabpertanyaan ‘misterius’ ini. Saya akan mencoba menjawab secara ilmupengetahuan. Secara sains, gempa bumi tektonik (selain vulkanik) disebabkan oleh pertemuan lempeng tektonik. Lempeng tektonik merupakan
Lapisan Bumi
Lapisan Bumi
pecahan dari lapisan litosfer bumi. Ada 8 ** lempeng tektonik mayor (besar) yang membungkus lapisan astenosfer bumi (bagian dalam bumi yang panas, dan lebih cair) yakni
  1. Lempeng Afrika,
  2. Lembang Antartika,
  3. Lempeng Hindia,
  4. Lempeng Australia,
  5. Lempeng Eurasia (Asia-Eropa),
  6. Lempeng Amerika Utara,
  7. Lempeng Amerika Selatan, dan
  8. Lempeng Pasific.
***Dalam  literatur umum, jumlah lempeng bumi hanya dibagi menjadi 7 yang mana Australia-Hindia disatukan.
Kedelapan lempeng ini ‘mengapung’ diatas lapisan astenosfer bumi yang ‘encer’.  Lapisan Astenosfer beradapada bagian mantel bumi (diantara Outer Core dan Upper Mantle), berada pada kedalaman 100 km – 700 km. Karena bumi mengalami rotasi dengan kecepatan 465 m/s atau 1676 km/jam (hampir 20 kali kecepatan rata-rata kereta api Indonesia),maka semua lapisan bumi ikut mengalami rotasi. Namun, karena lempengtektonik terpecah-pecah, maka kedelapan lempeng ini ikut berotasi(berputar) dengan kecepatan yang tidak persis sama. Diantara 8 lempengtektonik ini, mereka saling bergerak relatif satu sama lain dengankecepatan  5-10 cm per tahun.
Karena adanya gerak relatif antarlempeng ini, maka terjadilah proses pembentukan gunung dan/ataukejadian. Proses pergerakan lempeng ini selalu mengalami tekanan (gayaterhadap lempeng) besar. Tekanan yang terlalu besar ini akan mampumembentuk deformasi batuan dan kerak bumi. Saat lempeng tersebutbergerak dengan energi yang dimilikinya, maka lempeng tersebut akanmemberikan gaya pada lempeng lain. Saat gayanya cukup besar,kerak/lempeng tersebut patah atau bergeser. Namun perlu diingat bahwaselama lempeng singgungan masih kuat, maka lempeng tersebut akanmenyimpan akumulasi energi pergerakan lempeng ini. Ketika lempengtersebut berada pada zona patahan aktif, maka pada titik akumulasitertentu, energi ini kemudian dilepas yang disertai hentakan/patahankeras yang disebut sebagai gempa tektonik.


Akibat Pergerakan Lempeng
Indonesia memiliki potensi gempa yangcukup besar karena berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonikbesar yang aktif bergerak. Setidaknya Indonesia berada diwilayah yangmana 4 lempeng besar  ’sering berpesta”. yakni lempeng Hindia, Australia, Eurasia dan Pasifik.Daerah rawan gempa tersebut membentang di sepanjang batas lempengtektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timurhingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda. Kemudian interaksi lempeng Hindia-Australia, Eurasia dan Pasifikbertemu di Banda serta pertemuan lempeng Pasifik-Asia di Sulawesi danHalmahera.
Dari jenis gerakannya, pergerakan lempeng tektonik dibagi 3 macam yaitu pergerakan yang saling mendekati (yang paling banyak di Indonesia),saling menjauh dan saling berpapasan. Pergerakan lempeng salingmendekati akan menyebabkan tumbukan dimana salah satu dari lempeng akanmenunjam ke bawah yang lain. Daerah penunjaman membentuk suatu palungyang dalam, yang biasanya merupakan jalur gempa bumi yang kuat.Dibelakang jalur penunjaman akan terbentuk rangkaian kegiatan magmatikdan gunung api serta berbagai cekungan pengendapan. Salah satucontohnya terjadi di Indonesia, pertemuan antara lempeng Ind0-Australiadan Lempeng Eurasia menghasilkan jalur penunjaman di selatan Pulau Jawadan jalur gunung api Sumatera, Jawa dan Nusatenggara dan berbagaicekungan seperti Cekungan Sumatera Utara, Sumatera Tengah, SumateraSelatan dan Cekungan Jawa Utara.
Pergerakan lempeng saling menjauh akan menyebabkan penipisan danperegangan kerakbumi dan akhirnya terjadi pengeluaran material barudari mantel membentuk jalur magmatik atau gunungapi. Contoh pembentukangunung api di Pematang Tengah Samudera di Lautan Pasific dan BenuaAfrika. Pergerakan saling berpapasan dicirikan oleh adanya sesarmendatar yang besar seperti misalnya Sesar Besar San Andreas di Amerika.

Gempa Bumi 7.6 SR: Derita Rakyat ditengah Glamor Pelantikan DPR

Alam tampaknya terus mengingatkan padamanusia untuk memiliki hati dan menjaga kesetimbangan alam, lingkungan,bahkan ekonomi-sosial. Bencana alam di Tasikmalaya menjadi alarm bagiKPU, DPR dan DPD untuk menghemat belanja pelantikan para anggota dewanyang terpilih. Dan mungkin kemelut KPK dan kasus Century melengkapikemarahan alam sehingga memberikan ‘hadiah’ gempa bumi pada rakyatIndonesia.
Bisa dipastikan bahwa korban yang tewasdi Sumatera Barat akan mencapai angka yang sangat besar. Berdasarkanbesaran gempa, letak episentrum, dan kepadatan penduduk di kota-kotaSumatera Barat, maka saya memprediksikan total korban yang meninggal dapat mencapi lebih 1000 orang.
Lalu, di tengah penderitaan korbanbencana di Tasikmalaya, kelaparan Yahukimo di Papua, dan gempa bumi 7.6SR di Sumatera Barat, para anggota DPR/DPD RI periode  2009-2014 yangbaru terpilih sedang menikmati masa-masa bahagia untuk pelantikannyatanggal 1 Oktober 2009 ini. Tidak tanggung-tanggung, untuk acarapelantikannya saja alias baru dilantik saja sudah menghabiskan Rp 46.05 miliar uang negara.Tidak tanggung-tanggung pula, meski mereka belum dilantik, namun setiapcalon angggota DPR/DPD terpilih sudah diberi uang saku Rp 500.000 per hari selama 4 hari (total Rp 2 juta per orang, termasuk pas hari pelantikan). Setiap calon anggota DPR/DPD yang terpilih juga menghabiskan Rp 1.05 juta uang rakyat untuk penginapannya di Hotel mewah selama 4 hari (totalnya menjadi Rp 4.2 juta per orang).
Ditengah hancurnya rumah-rumah wargaSumatera Barat, KPU bersama penguasa lain tetap mengadakan “ritual”mahal, yang tidak akan menghasilkan dampak besar bagi rakyat yang telahmemilih mereka. Yang rakyat butuhkan dan mereka sumbangkan adalahkomitmen dan kebesaran jiwa mereka untuk memperjuang nasib rakyatseperti yang mereka koar-koar selama masa kampanye.
Ditengah kesedihan dan kehancuran hartabenda serta nyawa di Sumatera Barat, dan juga kematian akibat kelaparandi Yahukimo, para anggota Dewan Perwakilan Daerah begitu gembira menerima pin seharga Rp 9 juta.Jika para calon anggota dewan yang terpilih memang berjuang untukrakyat, mengapa mereka tidak menunjukkan komitmen kemanusiaan bagibangsa dengan menolak anggaran yang maha tinggi tersebut?
Mengapa 560 orang DPR baru + 132 orangDPD baru tidak memprotes hal-hal dibawah ini agar anggarannya dikurangiatau bahkan ditolak??
  • Biaya menginap di Hotel Sultan selama 4 hari @Rp4,2 juta x 692DPR/DPD =Rp 2,9 miliar (mestinya dikurangi dengan menginap di Hotelbertarif Rp 500.000 – Rp 700.000 ribu per hari saja)
  • Uang saku @Rp 2 juta x 692 DPR/DPD=Rp 1,38 miliar (tidak menerima uang saku dengan alasan belum dilantik)
  • Perjalanan pindah ke Jakarta @Rp50,35 juta x 560 DPR =Rp 28,2miliar (gila…lebih 50% anggota DPR/DPD terpilih tinggal di Jakarta….dan biaya perjalanan dari Jakarta-Jakarta = Rp 50 juta?????? per orang)
  • Biaya pembuatan PIN @Rp 9 juta x 132 DPD= Rp 1,2 miliar (pin dari intan permata???l)
  • selengkapnya di Kompas : Rakyat, Inilah Total Biaya Pelantikan Wakil Anda di Senayan!
Dan faktanya, anggota Dewan yang telahkalian-kalian pilih (saya sendiri golput pada pileg April silam)menghianati rakyat Yahukimo yang mati kelaparan, masyarakat SumateraBarat yang mati tertimpun runtuhan gedung karena gempa bumi, tangisanpenderitaan rakyat Jawa Barat akibat gempa Tasikmalaya silam! Perludicatat bahwa ada 26% caleg Demokrat terpilih, 19% caleg Golkarterpilih, 17% caleg terpilih PDIP, 10% caleg PKS terpilih, dan caleglainnya yang tega melihat penderitaan rakyat Indonesia dengan tetapmenerima uang dan fasilitas berlebihan dari uang rakyat! Camkan itu!
************
Semoga para korban dan keluarga korbantetap tabah, mendapat kesembuhan yang cepat, mendapat hikmah dan segenap bangsa Indonesia turut berduka cita dan untuk saling memberibantuan. Tolong media perhatiin juga masyarakat yang tinggal diMentawai yang terpencil.
Salam Nusantaraku yang sedang bersedih,
30 September 2009 – ech-wan

1 komentar:

Benny Tunggul mengatakan...

SUBHNALLAH....

Gempa d tasik jam 15.04
Gempa d padang 17.16
Gempa susulan 17.58
esok ny Gempa di jambi 8.52

coba kalian lihat di ALQUR'AN nomor surat serta jam-jam tersebut....?


SUBHANALLLAH>>>>>

http://www.facebook.com/search/?q=Benny+Tunggul&init=quick#/inbox/?folder=[fb]messages&page=1&tid=1130648352752

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. webrizal.com - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger